Pelatihan Wirausaha Karyawan Menjelang Masa Pensiun

Tidak dipungkiri lagi bahwa saat menjelang masa persiapan pensiun merupakan masa yang sangat ditakuti dan dicemasi oleh banyak orang yang sebelumnya berstatus sebagai  karyawan. Betapa tidak karena semasa seseorang menjadi karyawan mempunyai penghasilan tetap berupa gaji yang jumlahnya relative besar sesuai pangkat / jabatannya dan setelah menjalani masa pensiun hanya menerima uang manfaat pensiun yang jumlahnya relative kecil . Kondisi seperti ini kalau tidak ada persiapan sebelumnya sudah barang tentu akan mengakibatkan power syndrome dan stress yang berkelanjutan , karena tidak adanya pengganti kesibukan dan juga pengganti sumber pendapatan untuk menutup kekurangan dana anggaran rumah tangga setelah karyawan menjalani masa pensiun. Hal ini tidak  akan terjadi apabila karyawan jauh sebelum menjalani masa pensiun sudah mempunyai perencanaan kegiatan dan sumber pendapatan lainnya  selain dari uang manfaat pensiun.

Atas dasar hal tersebut, maka Koperasi Karyawan Yamaha Indonesia pada hari Sabtu, 23 Desember 2017 mengadakan pelatihan wirausaha bagi karyawan menjelang masa pensiun, sebagai pembekalan dasar yang akan dilanjutkan dengan pelatihan-pelatihan berkelanjutan yang bekerjasama dengan manajemen PT. Yamaha Indonesia. Pelatihan diikuti oleh sekitar 30-an karyawan yang berusia di atas 50 tahun dan beberapa perwakilan manajemen dan anggota.

Materi diisi oleh Bp.Tutuy Trisnajaya, S.Pd yang mengambil tema Wirausaha & Pengelolaan Toko Sistem Modern, dilanjutkan dengan Pengelolaan Usaha Ternak Modern dari Dinas Pertanian & Peternakan Kab. Bekasi yang dibawakan oleh Bp.Dwi Septian Erwinsyah, S.Pt. Kemudian yang menarik adalah penyampaian pengalaman mantan karyawan yang sudah pension yaitu dari Bp.Arief Rohmanul Hakim dan Bp. Dadang Mulyana, dimana dalam kesempatan tersebut mereka memberikan kisi-kisi bagaimana menghadapi masa sebelum dan setelah pensiun.

Tujuan dari pelatihan tersebut, diantaranya :

  • Menciptakan pensiunan yang seimbang antara spiritual dan finansial
  • Menciptakan kondisi yang tidak lagi khawatir dengan masa pensiunan
  • Mencapai kesejahteraan lahir dan batin
  • Memotivasi agar para pensiunan tetap semangat berkarya

 

Diharapkan dari pelatihan tersebut bisa menjadi modal dasar untuk menangkap peluang usaha sesuai bakat dan pengalamannya dan dalam kenyataan di lapangan bisa sukses dalam second karirnya setelah setelah menjalani masa pensiun .

#sdy

Bagikan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *