Studi Banding Kopkar Yamaha Indonesia ke Kopkar AKASIA

Sesuai dengan salah satu prinsip koperasi yaitu kerjasama antar koperasi, maka pada hari Rabu, 17 Oktober 2018 Kopkar Yamaha Indonesia berkunjung ke Koperasi AKASIA (Akebono Astra Indonesia) yang berlokasi di Jl. Pegangsaan Dua Blok A1. Km. 1,6 Kelapa Gading, Jakarta Utara, DKI Jakarta. Kunjungan ini bertujuan untuk mempererat kerjasamasa antar koperasi karyawan sekaligus untuk studi banding tentang penerapan system syariah di Koperasi AKASIA.

Peserta kunjungan dari Kopkar Yamaha Indonesia terdiri dari pengurus yang diwakili oleh Bp. Rudi Haryanto, Jaenal Maulana, Sudiyo, Ayub, Sarwanto dan Ibu Eneng. Selain itu juga dihadiri oleh Bp. Raharjo dan Ibu Suprihatin mewakili DPA. Bp. Roni selaku ketua pengurus koperasi AKASIA menerima kunjungan Kopkar Yamaha Indonesia dengan suasana penuh silaturahmi. Kunjungan yang berlangsung dari pukul 09.30 s/d 13.00 WIB lebih kepada saling sharing mengenai pengelolaan koperasi berbasis syariah yang sudah diterapkan di Koperasi AKASIA.

 

Dari hasil sharing tersebut bias digaris bawahi bahwa pengertian koperasi syariah secara teknis bisa dibilang sebagai koperasi yang prinsip kegiatan,tujuan dan kegiatan usahanya berdasarkan pada syariah islam yaitu Al-quran dan Assunah. Pengertian umum dari koperasi syariah adalah badan usaha koperasi yang menjalankan usahanya dengan prinsi-prinsip syariah.apabila koperasi memiliki unit usaha produktif simpan pinjam,maka seluruh produk dan operasionalnya harus dilaksanakan dengan mengacu kepada fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) Majelis Ulama Indonesia.

Dengan kunjungan tersebut diharapkan kerjasama antar koperasi khususnya sesame anggota Pusat Koperasi Karyawan (PUSKOPKAR) DKI Jakarta berjalan dengan baik, serta hal-hal positif yang sudah berjalan bisa diaplikasikan di kopkar-kopkar lain dimana pada intinya kembali ke tujuan awal koperasi yaitu meningkatkan kesejahteraan anggota.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *